Jember Fashion Carnaval

Jember Fashion Carnaval

Alexis4play – Berbicara mengenai Jember dalam konteks wisata, tentu tak akan lepas dari event terbesarnya saat ini, Jember Fashion Festival yang secara rutin diadakan. Acara yang sudah dirintis lebih dari 20 tahun yang lalu ini menjadi salah satu event terbesar di daerah tersebut, dan menjadi fashion event besar yang diperhitungkan di Indonesia.

Untuk mengapresiasinya lebih jauh, akan dibahas terkait sejarah dan apa itu Jember Fashion Carnaval, kemudian keunikan yang menjadikannya ikonik, hal menarik, panduan, serta jadwal dari Jember Fashion Carnaval terdekat di tahun 2022 ini.

Selengkapnya kamu bisa simak di bawah ini!

Sejarah dan Pengertian Jember Fashion Carnaval

Adalah sosok Dynand Fariz yang menjadi penggagas dari Jember Fashion Carnival ini. Pada tahun 2001, ia memulai Pekan Mode yang diselenggarakan di rumah mode yang didirikannya, seusai pulang belajar dari ESMOD Paris.

Pekan Mode ini mengharuskan semua karyawan yang dimilikinya mengenakan busana yang tren di dunia kala itu. Di tahun berikutnya, Pekan Mode kemudian mengambil tempat pameran keliling kampung dan alun-alun Jember. Baru di tahun ketiga, nama Jember Fashion Carnival digunakan, dan diadakan bersamaan dengan hari ulang tahun kota Jember. Tema pertama yang diambil adalah cowboy, punk, dan gipsi.

Baca juga : Festival Ma’nene , Tradisi Mayat Berjalan Asal Toraja

Inti dari Jember Fashion Carnaval sendiri sebenarnya terletak pada gelaran fashion yang mengangkat tren kekinian, dengan cara berekspresi sekreatif mungkin sehingga bisa menjadi gelaran tingkat internasional, setara dengan Mardi Gras, Rio Carnaval, atau Carnival of Santa Cruz de Tenerife.

Daya Tarik Jember Fashion Carnaval

Jika berbicara mengenai daya tarik, tentu setiap tahun akan menawarkan hal unik yang berbeda mengingat tren dunia yang terus berubah. Acara ini sendiri sejak awal ingin mengusung apa yang tengah populer, sehingga pergantian temanya akan demikian tak terduga dan berbeda dari tahun sebelumnya.

Tema yang Terus Berubah

Dari waktu ke waktu, tema yang diangkat pada kegiatan Jember Fashion Carnaval ini terus berubah.misalnya pada tahun 2017, diangkat tema Victory Unity Diversity, kemudian tema Asialight pada tahun 2018, dan Tribal Grandeur untuk tahun 2019.

Pada tahun 2020 sendiri, JFC diadakan secara virtual karena kondisi pandemi. Mengambil tema World Kids Carnival, acara ini diadakan dengan kehadiran dari setidaknya 12 perwakilan negara dari 5 benua. 2021 menjadi acara hybrid dengan tema Virtue Fantasy.

Lalu bagaimana dengan JFC tahun 2022?

Melibatkan Seluruh Elemen Masyarakat

Tidak hanya melibatkan banyak pegian fashion nasional dan internasional, acara ini juga melibatkan berbagai elemen masyarakat. Mulai dari perencanaan, penyusunan desain busana, eksekusi pengerjaan, hingga pameran yang diadakan di jalanan kota, menjadikan keterlibatan masyarakat lokal menjadi masif.

Kekuatan sosial budaya ini jadi salah satu daya tarik yang menjadikan JFC unik untuk jenis gelaran fashion tingkat internasional.

Elemen Kejutan yang Tidak Pernah Gagal

Berkaca pada event di tahun 2018 misalnya, JFC memberikan kejutan dengan menampilkan pusaka berusia ribuan tahun yang dibawa langsung oleh Dynand Fariz yang disebut dengan Pusaka Kujang. Ia membawanya dengan menaiki kereta kencana, dan tampak megah saat tampil di hadapan publik.

Tentu saja tak sedikit yang kemudian penasaran, kejutan apa lagi yang akan muncul di Jember Fashion Carnaval tahun 2022 ini, yang notabene jadi gelaran pertama pasca pandemi.

Jadwal Jember Fashion Carnival 2022

Dengan tema The Legacy, Jember Fashion Carnaval kembali hadir di tahun 2022 ini. Akan mengambil lokasi di kabupaten Jember, Jawa Timur, acara tersebut direncanakan terlaksana pada tanggal 6 hingga 7 Agustus 2022 mendatang.

Masih dengan misi menjadikan Jember sebagai kota karnaval dunia yang bersifat dinamis, otantik, dan kolektif, acara ini juga membawa banyak misi lain. Kemajuan perekonomian, perkembangan industri kreatif dengan basis keunggulan lokal, dan meneruskan semangat penggagasnya, Dynand Fariz, untuk menjadi festival fashion dengan skala internasional.

Acara kali ini masih diadakan dengan konsep hybrid, menyesuaikan dengan kondisi yang masih belum menentu. Namun demikian, rangkaian acaranya tetap akan didesain dan dirancang semenarik mungkin, sehingga ketika kamu menyaksikannya secara online kamu tetap bisa menikmati keseruan acara tersebut.

Agenda utama dari Jember Fashion Carnaval 2022 ini adalah Pet Carnival, Artwear Carnival, World Kids Carnival, dan acara puncak Grand Carnival of Jember Fashion Carnaval sebagai penutupnya. Untuk tautan acara akan disebarkan sebelum rangkaian acara dimulai, sehingga kamu bisa melihatnya secara langsung.

Gelaran Jember Fashion Carnaval memang sudah dinantikan banyak orang. Meski undangan terbatas yang disebarkan hanya untuk kalangan tertentu, tapi penyelenggara memastikan seluruh masyarakat bisa menyaksikan dan mengalami secara langsung keseruan festival fashion ini langsung dari rumah atau melalui gadget masing-masing.

Dengan tema The Legacy yang akan diusung pada Jember Fashion Carnaval 2022 ini, apa ya kira-kira yang sudah disiapkan oleh penyelenggara acara sebagai kejutannya? Terus ikuti kabar terbaru mengenai festival yang satu ini, dan agendakan liburan #DiIndonesiaAja untuk menghabiskan waktu luang yang kamu miliki!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.