Noche De Los Rabanos

Noche De Los Rabanos , Festival Lobak Di Meksiko

Alexis4play – Berlangsung hanya beberapa jam, namun menyatukan hampir semua penduduk kota di kawasan zócalo, yang hadir untuk mengagumi kreativitas para peserta kontes tahunan yang berlangsung pada 23 Desember ini.

Kebiasaan lama orang Oaxacan adalah menghadiri kalender dan Misa de Gallo. Makan malam Natal datang jauh kemudian. Para pedagang mengambil untuk menjual di Plaza de Armas dari Vieja Antequera ikan asin kering, penting dalam makanan berjaga, selain sayuran yang diperlukan untuk melengkapi menu. Tukang kebun pasar Trinidad de las Huertas membawa sayuran mereka, menjualnya di kios yang didirikan untuk tujuan ini.

Awal Mula Festival

Menurut sumber yang dapat dipercaya, diketahui bahwa pada tanggal 23 Desember 1897 diadakan pameran pertama. Pada masa itu, pameran luar ruangan pertama Noche de Rábanos diadakan di Plaza de Marqués atau Plaza de las Armas, sekarang Jardín de ls Constitución.

Baca juga : Agni Keli, Festival Perang Api Di India

Setelah kontes florikultura pertama, menjadi kebiasaan untuk mengadakannya dari tahun ke tahun. Dalam hal ini, surat kabar El Imparcial dari Mexico City menyebutnya “The Traditional Plaza de los Rábanos”. Lukisan yang ditampilkan oleh tukang kebun dan penanam bunga terinspirasi oleh motif Natal seperti Kelahiran, kedatangan Tiga Orang Bijak dan Tradisi Oaxacan, seperti Perayaan Virgen de la Soledad, Hari Orang Mati, asal mula sejarahnya, tarian , dll. .

Barisan penonton terbentuk dan dengan tertib orang-orang melakukan perjalanan perlahan di sekitar kios, mengagumi kreativitas dan kecerdikan karya. Jangan terburu-buru, ini malam untuk dinikmati sepenuhnya! Pada akhirnya, peserta pameran terbaik dihadiahi suasana musik dan kemegahan, yang memuncak dengan momen kembang api mulai muncul.

MALAM LOBAK… FESTIVAL TRADISIONAL

Noche de Rábanos adalah pesta Oaxacan tradisional dengan cap yang jelas populer di mana tukang kebun pasar dan penanam bunga menampilkan bakat artistik tangan mereka dengan desain khusus yang terbuat dari lobak, bunga abadi, dan totomoxtle. Pameran ini hanya berlangsung beberapa jam, namun secara praktis menyatukan semua penduduk kota di kawasan zócalo, yang hadir untuk mengagumi kreativitas para peserta dalam kontes yang diadakan setiap tahun pada tanggal 23 Desember ini.

Beberapa penulis menyebutkan kontes sayuran kolonial, para biarawan (khususnya Dominikan) adalah orang-orang yang mengajarkan budidaya bunga dan sayuran, beberapa dibawa dari Spanyol ke kelompok naborías (penduduk asli Zapotec dan Mixtec) yang bertugas di rumah-rumah dari tetangga. Mereka diberikan atas mandat Raja Muda Luis de Velasco, pada tanggal 7 Juli 1563, tanah di dekat hacienda La Noria dan Cinco Señores, sehingga mendirikan kota Trinidad de las Huertas atau de las Naborías. Di tempat inilah semua petani yang berdedikasi pada hortikultura dan florikultura berkumpul.

Sejarah Festival Noche De Los Rabanos

Mengenai asal usulnya, berbagai versi menyepakati bahwa kebiasaan lobak dan desain aslinya berakar dari pasar Malam Natal yang diadakan tepat setiap tanggal 23 Desember.

Kebiasaan lama orang Oaxaca adalah menghadiri kalender dan Misa de Gallo. Makan malam Natal datang jauh kemudian. Para pedagang mengambil untuk menjual di Plaza de Armas dari Vieja Antequera ikan asin kering, penting dalam makanan berjaga, selain sayuran yang diperlukan untuk melengkapi menu. Tukang kebun Trinidad de las Huertas membawa sayuran mereka, menjualnya di kios-kios yang didirikan untuk tujuan ini.

Dengan tujuan membuat kios mereka lebih menarik, para tukang kebun mulai membuat figur dengan lobak, menghiasinya dengan daun kembang kol dan bunga kecil yang terbuat dari daun bawang. Mereka menempatkan lobak, selada, lobak, bawang bombay, dll., semuanya dengan cara yang artistik, tanpa melupakan keranjang bunga, yang ditanam dengan hati-hati.

Kebiasaan ini semakin mengakar, seiring berjalannya waktu, hingga ibu rumah tangga mencari sosok-sosok ini untuk menghiasi meja mereka. Menurut sumber yang dapat dipercaya dari buku “Noche de Rábanos” yang ditulis oleh Prof. Alejandro Méndez Aquino, diketahui bahwa pada tanggal 23 Desember 1897, Presiden Kota saat itu, Don Francisco Vasconcelos Flores, menyelenggarakan pameran pertama di mana para ahli hortikultura, mengekspos kreasi unik dan penasaran mereka dengan lobak dalam bentuk representasi Natal, orang, hewan, tarian, dan jenis adegan lain yang ditentukan oleh imajinasi mereka.

Saat itu dalam sejarah Oaxaca, pameran luar ruangan pertama Malam Lobak diadakan di Plaza del Marqués atau Plaza de las Armas, sekarang Plaza de la Constitución. Setelah kontes florikultura pertama, menjadi kebiasaan untuk mengadakannya dari tahun ke tahun.

Beberapa waktu lalu dua kategori lagi diusulkan; Bunga Abadi dan Totomoxtle; Bunga Abadi adalah bunga dari daerah yang mengalami dehidrasi melalui proses alami dan dengan itu berbagai macam figur dan ornamen tradisional dibuat. Totomoxtle adalah cangkang atau daun yang menutupi jagung; Daunnya juga dikeringkan secara alami dan dengan itu dibuat figur dengan motif yang mirip dengan lobak dan bunga abadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.