Tequila

Tequila, Minuman Beralkohol Tinggi Asal Meksiko

Alexis4play – Tequila ialah minuman asli Mexico yang dibuat dari tanaman Agave macamnya blue agave, Tequila ialah nama kota di Mexico yang populer hasilkan minuman tipe Vino mescal dan vino mescal yang terbaik ialah yang dari kota Tequila maka bila vino mescal tidak datang dari tequila jangan disebutkan dengan TEQUILA.

Blue agave banyak tumbuh di Mexico, untuk membikin tequila yamg di perlukan ialah tangkai pohonya sesudah daunnya di potong dan tinggal bonggolnya saja yang seperti nanas selanjutnya dibuat jus agave dan jusnya ini yang di peragiankan hasilkan minuman sama dengan wine atau bir yang disebut dengan PULQUE, kemudian baru di distilasi jadi VINO MESCAL.

Minuman ini dibuat proses dari kematangan tumbuhan blue agave sepanjang lebih kurang 8 sampai sepuluh tahun. Tanaman ini sebagai tumbuhan semacam kaktus sebagai produk ekonomi penting untuk warga Meksiko. Tanaman ini hasilkan gula dengan jumlah tinggi, di mana mayoritas berbentuk fruktosa dan mempunyai karakter yang pas sekali jika dipadankan dengan pembikinan minuman mengandung alkohol.

Sesudah menanti 8 sampai sepuluh tahun, tumbuhan ini akan masak, sisi bawah tumbuhan mulai memberikan perubahaan warna kecoklat-coklatan dan duri yang mulai banyak muncul.
Daun dari tanaman blue agave ini selanjutnya dipotongi dan diambil batangnya saja yang umum disebutkan Pina. Nama pina ini diambil dari memiliki bentuk yang seperti pineapple. Lantas, pina-pina yang telah dipisah ini diolah dengan dikukus untuk melempeman dan mempermudah proses pembangunan gula. Sesudah benyek, terbuatlah SAP yang selanjutkan akan diekstrak untuk hasilkan Aguamiel. Aguamiel ini akan difermentasikan sepanjang 4 hari untuk selanjutnya masuk ke proses penyulingan dan terbuatnya minuman Tequila.

Baca juga : Fakta Menarik Dan Variasi Rasa Soju

Sejarah Tequila

Tequila pertama kalinya dibuat pada era ke-16 di dekat kota Tequila, yang baru dengan cara resmi dibangun di tahun 1666. Minuman peragian dari tanaman agave yang dikenali sebagai pulque dimakan di Meksiko tengah pra-Columbus saat sebelum contact dengan Eropa. Saat beberapa penakluk Spanyol kekurangan brendi mereka sendiri , mereka mulai menyuling agave untuk hasilkan salah satunya minuman keras suling asli pertama di Amerika Utara.

Sekitaran 80 tahun selanjutnya, sekitaran tahun 1600, Don Pedro Sánchez de Tagle , Marquis Altamira, mulai menghasilkan tequila secara massal di pabrik pertama di daerah Jalisco kekinian. Pada 1608, gubernur penjajahan Nueva Galicia mulai kenakan pajak atas produknya. Raja Spanyol Carlos IV memberi keluarga Cuervo lisensi pertama untuk membikin tequila secara komersil.

Don Cenobio Sauza , pendiri Sauza Tequila dan Presiden Kotamadya Dusun Tequila dari tahun 1884-1885, ialah orang pertama kali yang mengekspor tequila ke Amerika Serikat, dan menyingkat nama dari “Konsentrat Tequila” jadi cuma “Tequila” untuk pasar Amerika.

Cucu Don Cenobio, Don Francisco Javier mendapatkan perhatian internasional karena bersikukuh jika “mustahil ada tequila bila tidak ada agave!” Usahanya ke arah pada praktek jika tequila asli cuma bisa datang dari Negara Sisi Jalisco. Dalam usaha untuk menggantikan pemilikan istilah “tequila”, pemerintahan Meksiko mengumumkan istilah kekayaan intelektualnya di tahun 1974.

Kondisi Penyimpanan

Tidak seperti anggur , yang rasanya dapat berbeda seiring berjalannya waktu, minuman keras seperti tequila sedikit berbeda sesudah dibotolkan, bahkan juga dalam botol dan tanpa keadaan penyimpanan yang akurat. Karena tequila ialah minuman keras yang disuling, tidak membutuhkan keadaan penyimpanan yang ketat seperti anggur, dan hal sama berlaku dengan mayoritas minuman keras suling yang lain seperti wiski , rum , atau vodka. Seterusnya, karena karakter dan kualitas tertentu (rasa, wewangian, warna, dan lain-lain.) dari tequila ditetapkan sepanjang proses penuaan dalam tong kayu, kualitas tequila tetap harus relatif stabil sesudah dibotolkan.

Untuk jaga kualitas tequila, minimal tiga keadaan harus disanggupi: temperatur stabil dan sedang (60 sampai 65 °F), tidak terserang cahaya matahari langsung, dan jaga segel botol yang akurat. Disamping itu, keadaan penyimpanan semakin lebih punya pengaruh pada rasa tequila tua dibanding tequila yang tidak berusia, karena tanin dan senyawa yang lain ditempatkan ke spirit dari tong yang telah tua. Misalkan, bila diletakkan pada keadaan yang tidak pas, rasa añejo tequila yang gelap serta lebih kompleks memungkinkan terkontaminasi dibanding blanco atau tequila perak.

Sesudah botol dibuka, tequila akan alami oksidasi yang hendak terus terjadi bahkan juga bila tidak ada oksigen yang ditempatkan. Disamping itu, bila botol mempunyai semakin banyak ruangan untuk udara, proses oksidasi bisa lebih cepat terjadi pada cairan yang masih ada dalam botol. Maka dari itu, seharusnya tequila dimakan dalam kurun waktu satu atau 2 tahun sesudah dibuka. Mayoritas, peralihan kualitas tequila disebabkan karena keadaan penyimpanan yang tidak pas, bukan lantaran oksidasi.

Jenis Tequila

Minuman beraroma kuat ini mempunyai 4 kelas yang diurutkan berdasar factor pengumuran (aging), dan jumlahnya karamel yang dipakai menjadi zat bahan warna Tequila.

1. Anejo = “tua”

Tequila dari kategorisasi Anejo tampilkan warna yang lebih kecokelatan dibandingan type lainnya. Ini bisa muncul karena proses penyimpanannya pada tong kayu yang memerlukan waktu 1 sampai empat tahun. Pada intinya, kata Anejo ini mendefinisikan kata aged atau berusia.

2. Reposado = “Diletakkan”

Tequila yang masuk pada kelompok Reposado ini sekurang-kurangnya harus melalui aging sepanjang dua bulan s/d satu tahun. Ada yang ngomong, Tequila tipe Reposado ini sebagai Tequila yang dipertambah extra karamel dan aging saat ada di tong kayu.

3. Blanco = “Putih”

Tequila Blanco sebagai kelompok yang kerap disebutkan sebagai Plata atau Perak. Tipe Tequila ini tidak melalui proses aging dan tidak mempunyai kandungan karamel pada minumannya, hingga warna yang dipunyai oleh Tequila Blanco ada putih bening.

4. Oro = “Emas”

Tequila emas atau ini sebagai tipe Tequila yang dipertambah sedikit karamel untuk memberi warna emas kabur pada minuman ini. Perlu dimengerti jika Oro bukan jenjang tertinggi dari kategorisasi Tequila, tetapi yang paling inferior. Tequila tipe ini tidak melalui proses aging, hingga warna aslinya yang bening dan wewangian woody yang unik ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.